Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Artikel/Postingan Yang Mudah Dipahami

Menulis postingan di blog tidak sama dengan menulis artikel di koran atau menulis artikel dalam berita. Blogging itu kesannya sangat personal dan biasanya panjang tulisan sangat ngepas dan tidak membosankan karena pembaca di Internet itu biasanya "speed reader" alias tidak betah jika lama-lama membaca sesuatu.

Di blog ini saya belum banyak menulis. Tetapi dari awal saya ngeblog dan menulis artikel, sampai sekarang saya sudah mendapatkan feel blogging dan akan saya bagikan disini.

Seorang pemula yang menulis di blog akan merasakan yang namanya kekakuan saat menulis.

Ketika kamu menulis, kamu akan sangat susah mengeluarkan kata-kata atau kalimat untuk dirangkai menjadi sebuah postingan artikel. Tipsnya adalah kamu harus sering membaca apapun baik artikel, blog orang, atau buku untuk menambah perbendaharaan kata dan kalimat. Tetapi kadang ketika membaca sudah banyak, masih aja susah membuat 1 posting menjadi bagus atau malah menulis terlalu singkat.

Jika anda mengalami hal seperti itu, saya memiliki tiga tips dalam posting blog yang baik dan benar menurut saya:

1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang

Entah berapa kali saya menjumpai artikel dalam sebuah blog/web yang isinya membuat saya bingung dan menga-nga karena isi tulisannya yang berbelit-belit dan terlalu panjang, pasti saya tidak mau balik lagi ke blog itu, soalnya saya jadi susah tidur setelah membaca artikelnya yang ribet dan susah dipahami :v

Usahakan untuk setiap artikel yang akan kita buat dalam blog/web bisa dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Karena itu diperlukan latihan dan kebiasaan yang cukup dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.

2. Banyak membaca referensi/sumber lain

Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bagus jika dia jarang atau tidak pernah membaca tulisan orang lain, itu pasti. Sebagai contoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang teknologi internet di dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan banyak referensi yang baik untuk membuat artikelnya bermutu.

Selain mendapatkan informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku/artikel lain juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang enak dan mudah dibaca.

3. Memiliki gaya bahasa yang unik dan berbeda dari yang lain

Ini adalah salah satu hal yang cukup penting dalam menulis, tetapi kita tidak perlu terlalu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Mulailah berlatih menulis dengan cara anda sendiri, tidak usah malu atau minder karena gaya tulisan kita berbeda dengan seorang penulis terkenal.

Apapun gaya atau cara kita membuat sebuah tulisan yang terpenting di sini adalah bagaimana agar tulisan atau artikel tersebut memberikan informasi yang relevan, dan mudah dicerna oleh setiap orang yang akan membacanya. Kita bisa membuat sebuah artikel yang sederhana untuk sebuah informasi yang memang sederhana, dan kita juga bisa membuat sebuah artikel dengan judul yang mengandung provokatif yang bisa menghentak pembaca anda.

Demikianlah ketiga tips cara menulis sebuah artikel yang baik di atas mungkin terlihat sepele, tetapi tips ini dapat membuat kita terbiasa dalam membuat artikel yang baik untuk blog kita. Jika anda memilikk tips lainnya? Silahkan bagikan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih :)


Posting Komentar untuk "Tips Menulis Artikel/Postingan Yang Mudah Dipahami"